Tinjauan dan Respons Kreatif terhadap Penggunaan AI dalam Ilustrasi Media Promosi dan Dampak yang Ditimbulkannya

Authors

  • Kiagoos Akhmad Aulianshah Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.83

Keywords:

AI Generator, Artifcial Intelligence, Deep learning, Ilustrasi, Seni Visual

Abstract

Perkembangan AI (Artifcial Intelligence) dalam ‘berpikir’ dewasa ini begitu pesat. Sistem teknologi deep learning semakin memungkinkan teknologi AI dalam mengenali gambar, suara ataupun bahasa manusia. Dalam dunia kreatif, penerapan teknologi A.I dalam beberapa pekerjaan seperti; menulis kreatif, mencipta lagu, membuat ilustrasi dan desain, sudah banyak dilakukan. Beberapa hasil karya yang diproduksi oleh A.I semakin tidak dapat dibedakan lagi dengan karya tangan seorang seniman. Fenomena disrupsi digital ini sudah tentu tidak dapat diterima begitu saja dan banyak menimbulkan pro dan kontra. Contoh yang terjadi belakangan, ketika munculnya kontroversi di jagad dunia maya atas unggahan foto di media sosial yang memperlihatkan ilustrasi buatan AI dalam desain baliho salah satu pasangan capres pemilu 2024. Meskipun tidak tergolong pelanggaran hukum, netizen menganggap penggunaan AI pada media promosi sebuah perusahaan, lembaga, atau fgur publik tidak mencerminkan nilai-nilai profesional yang didasari oleh kesadaran atas hak cipta seorang seniman dan juga etika atas keberlangsungan hidup profesi ilustrator. Oleh karena itu, penggunaan A.I dalam suatu media promosi dapat memberikan sentimen negatif terhadap kredibilitas suatu institusi atau pun fgur tertentu di mata publik. Sebagai pekerja kreatif di sebuah media, penulis menilai kehadiran AI akan sangat membantu berlangsungnya sebuah proses kerja kreatif sehingga menjadi lebih cepat, ekonomis, bahkan lebih ‘sempurna’. Namun di sisi lain penggunaan AI juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kredibilitas perusahaan di tempat penulis bekerja. Sebagai respons terhadap situasi tersebut, di dalam jurnal ini penulis akan menjabarkan beberapa eksperimen kreatif sebagai penyikapan atas perkembangan atas teknologi A.I yang semakin tidak terbendung, khususnya di dalam dunia ilustrasi.

References

Setiawan, Ronny. 2021. “Mengenal Deep Learning Lebih Jelas” dalam https://www.dicoding.com/blog/mengenal-deep-learning/. Diunduh 28 Januari 2024.

Candy, Linda. 2006. “Practice-based Research: A Guide”. Creativity and Cognition Studios Report, 2006-V1.0, Sydney: Creativity and Cognition Studios, University of Technology.

Binus.ac.id. 2022. “Sejarah Singkat Tentang Kecerdasan Buatan (Artifcial Intelligence)” dalam https://graduate.binus.ac.id/2022/05/02/sejarah-singkat-tentang-kecerdasan-buatan-artifcial-intelligence/. Diunduh 28 Januari 2024.

Ari, Binsar. 2023. “Ini Dia Jumlah Pemilih Di Pemilu 2024 Berdasarkan Usia” dalam https://rri.co.id/index.php/pemilu/353956/ini-dia-jumlah-pemilih-di-pemilu-2024-berdasarkan-usia. Diunduh 7 Januari 2024.

Arikunto, Suharsimi. 2005. “Manajemen Penelitian”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Akhmad Aulianshah, K. (2024). Tinjauan dan Respons Kreatif terhadap Penggunaan AI dalam Ilustrasi Media Promosi dan Dampak yang Ditimbulkannya. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 2, 395–411. https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.83