Penerapan ChatGPT pada Proses Kreatif Pembuatan Video YouTube
DOI:
https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.75Keywords:
Naskah, Kreatif, ChatGPT, YouTube, AIAbstract
Industri media menghadapi berbagai tantangan, perkembangan teknologi dan disrupsi pasar menyebabkan perusahaan media tradisional dituntut untuk lebih efsien terkait sumber daya manusia. Seiring berkembangnya teknologi dan digitalisasi, konsumen semakin mengharapkan konten yang menarik, informatif, dan berkualitas tinggi. Namun, proses pembuatan video yang kreatif dan menarik seringkali membutuhkan waktu, sumber daya, dan tenaga yang signifkan. Dalam upaya untuk tetap kompetitif dan mengatasi tantangan ini, perusahaan media mulai beradaptasi dengan berbagai strategi, termasuk penggunaan artifcial intelligence (AI). Perkembangan dalam bidang AI telah membuka peluang baru dalam berbagai bidang, termasuk pembuatan konten video. ChatGPT khususnya telah menunjukkan potensinya dalam meningkatkan efsiensi dan kreativitas dalam proses kreatif & penulisan naskah dalam pembuatan video. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan pastisipatif, dengan fokus membahas proses adaptasi dan pengaplikasian AI dalam proses penulisan naskah konten video dalam Kanal YouTube Kata Dokter.
References
AJI. (2022). PHK Massal di Berita Satu TV, Komunitas Pers Serukan PHK menjadi Opsi Terakhir dan Perusahaan Jamin Hak Pekerja. AJI. https://aji.or.id/read/press-release/1355/phk-massal-di-beritasatu-tv-komunitas-pers-serukan-phk-menjadi-opsi-terakhir-dan-perusahaan-jamin-hak-pekerja.html
ARK. (2023). Big Idea 2023.
Brown, C. (2023). ChatGPT Prompts Mastering: A Complete Guide to Mastering Effective Prompts. Xtro Media.
Dataiku. (2020). The AI Disruption in Media and Entertainment. https://pages.dataiku.com/ai-media-entertainment
Edwin Wong. (2023). Artifcial Intelligence: Hope, fear, and AI.
Foster, L. (2023). Chat GPT Bibble: Unlocking The Secret World of AI-Generated Content Mastery. Independently published.
Haenlein, M., & Kaplan, A. (2019). A Brief History of Artifcial Intelligence: On the Past, Present, and Future of Artifcial Intelligence. California Management Review, 61(4), 5–14. https://doi.org/10.1177/0008125619864925
Hanifa, Sholihin, A., & Ayudya, F. (2023). Peran AI Terhadap Kinerja Industri Kreatif Di Indonesia. Journal of Comprehensive Science.
Jeff Loucks, James Macaulay, Andy Noronha, & Michael Wade. (2016). Digital Vortex: : how todays marker leaders can beat distruptive competitors at their own game. IMD.
Matthew Gentzkow. (2018). Media and Artifcial Intelligence. Toulouse Network for Information Technology Whitepaper.
Moragoda, H. (2023). Chat GPT For Content Writers. Moragoda ebooks.
Nader, K., Toprac, P., Scott, S., & Baker, S. (2022). Public understanding of artifcial intelligence through entertainment media. AI & SOCIETY. https://doi.org/10.1007/s00146-022-01427-w
Nielsen. (2021). Nielsen Consumer and Media View Q2 2017 vs Q2 2022.
Stuart J. Russell, & Peter Norvig. (2022). Artifcial Intelligence: A Modern Approach. Pearson Education Limited.
Theodor, J. (2023). Unleashing AI’s Potential: Mastering The Seven Habits For Highly Successful Prompting. FITC. https://www.youtube.com/watch?v=5apqd9BvkbE
Vogels, E. A. (2023). A Majority of Americans Have Heard of ChatGPT, But Few Gave Tried It Themselves. Pewresearch.Org. https://www.pewresearch.org/short-reads/2023/05/24/a-majority-of-americans-
have-heard-of-chatgpt-but-few-have-tried-it-themselves/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Subadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.