Keterlibatan Kecerdasan Buatan Dalam Memudahkan Proses Compositing Animasi

Authors

  • Fajar Nuswantoro Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.72

Keywords:

animasi, render, compositing, kecerdasan buatan, otomatisasi

Abstract

Dalam dunia animasi, compositing merupakan salah satu tahap kritis yang menentukan kualitas visual akhir dari karya seni digital. Prosesinitidakhanya membutuhkan keahlian teknis yang tinggi, tetapi juga mengkonsumsi waktu dan sumber daya yang signifkan. Dalam praktiknya, compositing melibatkan penggabungan berbagai lapisan gambar hasil render dan penyesuaian warna untuk menciptakan sebuah kesatuan visual yang harmonis. Kesulitan utama muncul ketika proses compositing memerlukan interaksi dengan puluhan file dan aktivitas, sering kali mengakibatkan redundansi dan efsiensi waktu yang rendah.
Hal ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana teknologi dapat memfasilitasi seniman compositing agar dapat lebih fokus pada aspek kreatif daripada terbelenggu oleh rutinitas teknis? Kecerdasan buatan (AI) menawarkan jawaban yang menjanjikan untuk tantangan ini. Dalam dekade terakhir, AI telah mengalami kemajuan pesat dan mulai menunjukkan potensinya dalam berbagai bidang, termasuk seni digital dan animasi (SAE Creative Media Education, 2023). Tulisan ini mengeksplorasi bagaimana AI dapat diintegrasikan dalam proses compositing untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang memakan waktu, memungkinkan seniman untuk mengalokasikan lebih banyak waktu dan energi pada aspek kreatif dari pekerjaan mereka. Artikel, yang membahas hasil eksperimen langsung penggunaan AI dalam compositing pada dua perangkat lunak animasi yang berbeda ini, bertujuan menunjukkan bagaimana AI dapat mengurangi beban kerja teknis dalam compositing, sekaligus meningkatkan efsiensi dan kualitas output kreatif. Melalui eksplorasi ini, penulis berharap dapat membuka jalan baru bagi seniman animasi untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas dan nilai estetika dari karya seni mereka.

References

Blender Base Camp. (2023). Blender Base Camp. Retrieved December 10, 2023, from Home: https://www.blenderbasecamp.com/home/behind-the-scenes-of-blender-the-integral-use-of-python/

SAE Creative Media Education. (2023, 06 1). SAE Creative Media Education. Retrieved 12 5, 2023, from Insight: https://www.sae.edu/gbr/insights/the-role-of-ai-in-assisting-animation-production-unlocking-new-creative-possibilities/

Two Frames. (2023, June 22). Two Frames Studio. Retrieved 12 7, 2023, from Blog.

Verma, V. (2010). 3D RENDERING - TECHNIQUES AND CHALLENGES. International Journal of Engineering and Technology, 72-76.

Wickes, R. D. (2009). Foundation Blender Compositing. Berkeley: Apress.

Zhang, Y., Ortin, M., Arellano, V., Wang, R., Gutierrez, D., & Bao, H. (2018). On-the-Fly Power-Aware Rendering. Computer Graphics Forum, 155-166.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Nuswantoro, F. (2024). Keterlibatan Kecerdasan Buatan Dalam Memudahkan Proses Compositing Animasi. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 2, 259–272. https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.72