Perancangan Buku Ilustrasi Dan Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak

Authors

  • Sri Almaidah Nurfitriani Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.7

Keywords:

anak, flashcard, orang tua, childrens, flash card, parents

Abstract

ABSTRAK: Ilustrasi buku anak-anak merupakan gambar ilustrasi pada buku yang khusus dibuat untuk anak-anak yang bersifat mendidik, mengembangkan rasa ingin tahu dan kepekaan artistik anak. Buku Ilustrasi sebagai media belajar bagi anak usia dini merupakan media yang efisien dan efektif karena buku yang terdapat Ilustrasi didalamnya dapat mengembangkan kemampuan anak usia dini dalam berimajinasi karena pada umumnya daya imajinasi siswa masih rendah, sehingga tidak bisa menangkap sesuatu yang bersifat abstrak. Dalam perancangan ini penulis akan membuat sebuah Buku Ilustrasi (Illustration Book) yang berisi tentang kosa kata dasar yang dibantu oleh permainan interaktif bernama Flash Card. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden (orang tua) terkait upaya pembelajaran yang efektif pada anak rentang usia 7-10 tahun. Dengan Perancangan Buku Ilustrasi dan Flash Card ini diharapkan dapat membantu anak sehingga dapat cepat tanggap dalam proses pembelajaran.

 

 

ABSTRACT: Illustrations Children's books are illustrations in books that are specially made for children that are educational in nature, develop children's curiosity and artistic sensitivity. Illustration books as learning media for early childhood are efficient and effective media because books that contain illustrations in them can develop early childhood abilities in imagining because in general students' imagination power is still low, so they cannot catch something abstract. In this design the author will create an Illustration Book (Illustration Book) which contains basic vocabulary assisted by an interactive game called Flash Card. The data collection method used is by distributing questionnaires to respondents (parents) regarding effective learning efforts in children aged 7-10 years. With the Design of Illustration Books and Flash Cards, it is hoped that it can help children so that they can be responsive in the learning process.

 

 

References

Balai Diklat Keagamaan Jakarta, W., Rawa Kuning Pulo Gebang Cagung, J., & Timur, J. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan (Issue 4). www.juliwi.com

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. 2017. “Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris” dalam Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Guruh Ramdani. 2019. Desain Grafis. Bogor: IPB Press.

Helmiati, H., & Ag, M. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN. www.aswajapressindo.co.id

Soedarso, N. (n.d.). Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada.

Sri Wahyuningsih. 2015. Desain Komunikasi VisuaL (2nd ed.). UTM PRESS.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 20). ALFABETA CV.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Nurfitriani, S. A. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Dan Flash Card Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.7