Perancangan Komik Digital mengenai Dampak Belajar Online Selama Pandemi terhadap Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.6Keywords:
Covid-19, digital, ilustrasi, komik, mahasiswaAbstract
Selama pandemi Covid-19 terjadi pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah seperti ke kantor, rumah ibadah sampai ke sekolah. Kegiatan yang semula dilakukan dengan tatap muka kemudian berganti menjadi tatap layar. Perancangan komik ini menyoroti pengalaman mahasiswa selama belajar dari rumah (online) dan mungkin bisa menjadi sebuah cerita. Proses pembentukan komik ini bisa berdasarkan cerita pengalaman yang kemungkinan akan digambarkan secara digital. Kemungkinan menggunakan kualitatif dengan cara mencari informasi, menyelidiki dan menggambarkan tentang bisa dari pengalaman sendiri maupun mahasiswa lain. Tahap selanjutnya akan dilanjutkan dengan penyusunan menjadi sebuah komik digital.
References
McCloud, Scott.1993.Understanding Comic. Jakarta: Penerbit Gramedia.
—----------------. 2008. Reinventing Comics. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Sumber lain
https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/30/211500869/jenis-jenis-gambar-ilustrasi?page=all
https://pelayananpublik.id/2020/02/02/apa-itu-komik-pengertian-ciri-dan-jenisnya
https://www.bhinneka.com/blog/dampak-positif-dan-negatif-perkuliahan-online/
https://tirto.id/data-riset-kesehatan-mental-mahasiswa-saat-pandemi-kuliah-online-gaEc
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ananda Hasna Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.