Analisis Pola Kreativitas Visual Penggunaan Prompt pada AI Image Generator
DOI:
https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.57Keywords:
AI, Prompt, Finetune, Kreativitas Visual, Gaya VisualAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan prompt dalam mengarahkan generasi gambar oleh kecerdasan buatan (AI Image Generator). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami pola kreativitas visual yang muncul dari penggunaan prompt pada AI Image Generator. Partisipan dalam penelitian ini terlibat dalam pengujian di situs Leonardo AI dengan menggunakan beberapa penulisan prompt berbeda. Hasil penelitian ini dianalisis melalui poin-poin kritis penemuan, fokus pada perbandingan visual antar karya yang dihasilkan oleh situs Leonardo AI. Temuan penelitian memberikan wawasan tentang bagaimana pengguna dapat memanfaatkan perbandingan visual melalui penggunaan prompt untuk menghasilkan gambar yang lebih kreatif dan inovatif. Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan potensi penggunaan poin kritis perbandingan visual dalam mengarahkan kreativitas visual, baik untuk keperluan pembelajaran desain komunikasi visual, perancangan visual, atau pekerjaan kreatif, maupun sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut.
References
Feng, Y., Wang, X., Wong, K. K., Wang, S., Lu, Y., Zhu, M., Wang, B., & Chen, W. (2023). PromptMagician: Interactive Prompt Engineering for Text-to-Image Creation. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics. https://doi.org/10.1109/TVCG.2023.3327168
Galanter, P. (2003). What is Generative Art? Complexity theory as a context for art theory. Proceedings, 225–245. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=10.1.1.90.2634
Huang, L. F. (2010). Artifcial intelligence. In 2010 The 2nd International Conference on Computer and Automation Engineering, ICCAE 2010 (Vol. 4). https://doi.org/10.1109/ICCAE.2010.5451578
Murphy, K. P. (2012). Machine Learning: A Probabilistic Perspective. In MIT (Vol. 16). https://doi.org/10.55056/nocote.v16i0.830
Rismanita, E., Marto, H., & Sakka, A. (2011). Teori struktur intelektual Guilford. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 48–56. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/7204
Sunarto, Wagiono, (2019). Soekarno Dalam Kartun; Mitos Dan Kontra Mitos. Penerbit IKJ Press, Jakarta.
Sunarto, Priyanto, (2019). Metafora Visual; Kartun Editorial Pada Surat Kabar Jakarta 1950-1957,. Penerbit IKJ Press, Jakarta.
Safanayong, Yongky, (2004). Desain Komunikasi Visual. Penerbit Arte Intermedia, Jakarta.
Strinati, Dominic, (2007). Popular Culture; Pengantar Menuju Teori Budaya Populer,. Penerbit Jejak, Yogyakarta.
https://www.bing.com/images/create
https://www.youtube.com/watch?v=QN6Ve6LuP8c
https://www.youtube.com/watch?v=z_aKLP5pBhY
https://www.youtube.com/watch?v=gRP3V2sz-M8
https://www.youtube.com/watch?v=zxnXpSfoXhQ
https://www.youtube.com/watch?v=Od3FRMLqwFk
https://www.youtube.com/watch?v=d9PXEWuS25w
https://www.youtube.com/watch?v=yNk4O5K7Fio
https://www.youtube.com/watch?v=jC4v5AS4RIM
https://www.youtube.com/watch?v=WRcSeqFLbng
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saut Irianto Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.