Peran AI pada Kajian Karya Akun Instagram @PadaPemoeda 2021
DOI:
https://doi.org/10.52969/seminarikj.v2i.53Keywords:
Desain Grafis, Konten, Edukasi, Isu Sosial, InstagramAbstract
Dalam era media sosial, keberadaan Instagram telah mengalihkan medium utama dalam komunikasi visual. Beda dengan Twitter atau Facebook, Instagram berfokus kepada gambar dan grafs visual, membuka wadah yang baru untuk berbagi informasi dan pembuatan karya visual. Dengan berkembangnya masyarakat dan opini publik, dikuatkan oleh mudahnya penyebaran informasi,
banyak seniman dan aktivis yang menggunakan Instagram sebagai media untuk mengedukasi masyarakat dalam topik-topik panas tertentu, dibantu dengan teknologi AI di Instagram dalam bentuk algoritma rekomendasi konten. Salah satu contoh dari ini adalah sebuah akun Instagram (bisa dianggap sebagai sebuah ‘komunitas’) @padapemoeda, yaitu sebuah organisasi anak muda yang menggunakan desain grafs sebagai metode untuk membuat dan membagikan konten mengenai isu-isu global dan sosial tertentu. Riset ini dilakukan untuk mencari temuan dalam hubungan antara penggunaan desain grafs, isu sosial, dan Instagram. Hal ini dilakukan dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan pendiri dari PadaPemoeda, serta anggotanya, dan melakukan observasi konten mereka pada tahun 2021, dengan harapan untuk menemukan temuan mengenai pola komunikasi, dan efektifnya dalam membagi informasi serta menarik pembaca, dan bagaimana Instagram menjadi media pilihan pertama
mereka.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andhika Danarta Wiryawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.