Pertumbuhan Remaja Tinggi dalam Tantangan Body Shaming

Studi Kasus Jakarta

Authors

  • Yosep Kusnadi Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.41

Keywords:

Body Shaming, Film, Jakarta, Remaja, Tinggi, Tall, Teenagers

Abstract

Orang yang memiliki tubuh tinggi dinilai oleh masyarakat Indonesia sebagai kebangaan. Namun, orang yang memiliki tubuh tinggi menghadapi resiko body shaming dalam perkembangannya di masa remaja. Remaja yang mempercayai body shaming sebagai identitas dirinya akan tumbuh sebagai orang dewasa dengan postur tubuh yang bungkuk, merasa terasing dan tidak percaya diri. Berdasarkan penelitian, 1 dari 500 laki-laki Indonesia memiliki tinggi tubuh lebih dari 185 cm, maka terdapat sekitar 500.000 laki-laki tinggi di Indonesia, begitupun dengan perempuan. Penelitian ini merupakan dasar dari karya film pendek The Tall Kid yang akan diproduksi sebagai tugas akhir pascasarjana jurusan seni urban dan industri kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah art based research dimana penelitian dimulai dari pengalaman penulis sebagai orang tinggi yang pernah memiliki citra diri negatif, kemudian secara objektif mengumpulkan data dengan cara wawancara dan survey online. Masyarakat, melalui budaya, harus menyadari pentingnya menghargai perbedaan fisik dan perkembangan tinggi badan generasi selanjutnya.

References

Fatmawati. 2017. “Memahami Psikologi Remaja”. Jurnal Reforma Vol. VI No. 02. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISLA. Lamongan.

Koentjaraningrat. 1980. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Aksara Baru.

Muljati, Sri et.al. 2016. “Gambaran Median Tinggi Badan dan Berat Badan menurut Kelompok Umur pada Penduduk Indonesia yang Sehat Berdasarkan hasil Riskesdas 2013”. Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Oberg, Stefan. 2016. Height as A Measure of The Nutritional Status and Health of A Population. Researchgate.

Sakinah. 2018. “Body Shaming, Citra Tubuh, Dampak dan Cara Mengatasinya”. Jurnal Emik, Volume 1 Nomor 1.

Tasnim. 2019. “Hubungan antara Body Image dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Putri SMA Swasta Harapan 1 Medan”. Fakultas Psikologi Universitas Medan.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Kusnadi, Y. (2022). Pertumbuhan Remaja Tinggi dalam Tantangan Body Shaming: Studi Kasus Jakarta. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.41