Seleksi Video Dokumenter/Tutorial dan Power Point (PPT) Online

Cara Cepat Mengirimkan Informasi Pembelajaran Seni Rupa

Authors

  • Yofita Sandra Universitas Negeri Padang
  • Z. Mawardi Effendi Universitas Negeri Padang
  • Atmazaki Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.4

Keywords:

media, video, powerpoint, online

Abstract

Kemampuan untuk menggali hikmah di balik kemalangan terdampak Pandemi Covid-19 menjadi hal baik yang patut ditindaklanjuti. Terlebih bila pada setiap kesempatan, tantangan transfer ilmu pengetahuan dijadikan peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan lebih baik dan lebih cepat. Percepatan itu dimungkinkan karena adanya internet sebagai salah satu jaringan yang memudahkan komunikasi dan informasi. Jaringan internet pula yang memudahkan pendidik untuk memilih media pembelajaran dalam bentuk video dokumenter atau video tutorial supaya supaya pembelajaran menjadi lebih menarik. Lebih lanjut, peserta didik dapat diarahkan untuk mengeksplorasi kata kunci dalam setiap materi pelajaran melalui PowerPoint online yang tersedia di jagad maya dan memilihnya dengan benar.

References

Anderson, R. 1997. Pemilihan dan pemanfaatan media untuk pembelajaran. Rajawali.

Arsana, P. 2015. Seni Rupa Indonesia pada masa pendudukan Jepang. Binus University. https://slideplayer.info/slide/4104216/.

Rosenberg, M. J. (n.d.). e-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. United States: McGraw Hill.

Smaldino, Sharon E, James D. Russel, Robert Heinich, M. M. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Merril Prentice Hall.

ARTIKEL DI JURNAL

Nelmira, W., Efi, A., Elida, Adriani, & Sandra, Y. (2022). “Efforts to Develop creativity in vocational education through a learning model based on student research activities”. Educational Administration: Theory and Practice, 28(1), 01–09. https://doi.org/10.17762/kuey.v28i01.319

Tarquini, Gianna. 2019. “Video Tutorial: as expanding audiovisual genre”. The Journal of Specialised Translation. Issue 32, July, p:146-170.

VIDEO

Ukiyo-e woodblock printmaking with Keizaburo Matsuzaki. (n.d.). YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=t8uF3PZ3KGQ

INTERNET

http://www.wisegeek.com?what-is-a-documentary-f

https://slideplayer.info/slide/4104216/ https://www.youtube.com/watch?v=v4zQnNLRW3w

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Sandra, Y., Effendi, Z. M., & Atmazaki. (2022). Seleksi Video Dokumenter/Tutorial dan Power Point (PPT) Online: Cara Cepat Mengirimkan Informasi Pembelajaran Seni Rupa. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.4