Membumikan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Gamelan Sunda

Authors

  • Suhendi Afryanto Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.39

Keywords:

Gamelan Sunda, Pendidikan Karakter, Seni, Character Education

Abstract

Seni apapun bentuknya memiliki fungsi tersendiri, di samping sebagai sarana hiburan, juga sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk menghaluskan perasaan, baik bagi pelakunya maupun bagi siapapun yang menikmatinya. Demikian pula dengan Seni Gamelan Sunda, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui metode kualitatif, dengan teknik wawancara terhadap 50 orang mahasiswa yang pernah belajar mempraktikkan gamelan (Sunda) dan 10 orang ahli gamelan (Sunda), diperoleh suatu kesimpulan bahwa seni gamelan dapat dijadikan sebagai salah satu sarana dalam memberikan pengaruh pada perilaku manusia dalam konteks terapis. Melihat fenomena seperti itu, bukan suatu keniscayaan dalam banyak hal seni juga dapat dijadikan sebagai value education dalam membentuk karakteristik bagi yang mempelajarinya. Dari penelitian yang dilakukan, sekurang-kurangnya dapat diketahui bahwa mengapa seni musik diciptakan, karena memang terkait dengan kebutuhan manusia. Sepanjang kehidupan ada, maka seni akan memberi warna tersendiri sebagai dinamika yang setiap saat terus berjalan.

References

Afryanto, Suhendi. 2013. Internalisasi Nilai Kebersamaan melalui Pembelajaran Seni Gamelan Sunda sebagai Upaya Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Jurusan Karawitan STSI Bandung. UPI Bandung; Disertasi.

Alwasilah, C. 2011. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, edisi cetakan keenam. Jakarta: PT.Dunia Pustaka Jaya.

Ki Hadjar Dewantara. 1962. Ki Hadjar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta:Percetakan Taman Siswa.

Kunts, J. 1973. Music In Java: Its Theory and Its Technique. 2 jilid. Edisi ketiga yang diperluas oleh EL.Heins. The Hague:Martinus Nijhoff.

Lickona, T. 2012. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility: terjemahan Wamaungo. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Merriam, A.P. 1964. The Anthropology of Music. Evantion, III. Northwestern: University Press.

Soetrisno, L. 2001. Krisis Perilaku dalam Kehidupan Pelajar,Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Spiller, H. 2004. Gamelan: The Traditional Sounds of Indonesia. Santa Barbara-California: ABC-CLIO.Inc.

Sumardjo, J. 2001. Seni Pertunjukan Indonesia. Bandung: STSI Press.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Afryanto, S. (2022). Membumikan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Gamelan Sunda. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.39