Peran Seni Sebagai Pembentuk Karakter

Authors

  • Nabila Astika Wizari Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.34

Keywords:

seni, karakter, pembentukan karakter, art, character, character building

Abstract

Seni adalah ekspresi rasa, pikiran, jiwa emosi dan perasaan, yang dikeluarkan melalui kreativitas manusia Seni juga dianggap sebagai bentuk usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri. Karakter atau watak yang dimiliki seseorang pada hakikatnya adalah sifat kepribadian yang dimiliki seseorang yang erat kaitannya dengan keseluruhan nilai yang dimilikinya. Pembentukan karakter membutuhkan proses yang dimulai sejak dini dalam keluarga dan meliputi dimensi spiritual, emosional, intelektual, dan moral. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan peran guru seni, keluarga dan lingkungan dalam membentuk karakter siswa untuk pengembangan diri kreatif mereka melalui seni rupa. Metodologi yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Makalah ini menyimpulkan bahwa kebiasaan dan budaya karakter juga menggarisbawahi apa yang berasal dari ajaran dan budaya sekolah yang awalnya diterapkan. Melalui pendekatan pembiasaan ini, perilaku terbentuk sebagai nilai-nilai yang dibudayakan, yang terus dipupuk, diproses, dan akhirnya menjadi kebiasaan

References

Jihad, Asep, dkk. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2011. Panduan Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Kristanto, M. 2013. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan sebagai Pendidikan Karakter. Hlm 39-52. Jakarta: Prosiding Seminar Nasional dan Bedah Buku Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Koentjoronoingrat, Beberapa Pokok Antropologi Sosial, Jakarta: Dian Rakyat,1990, hal. 45

Merryl R. Goldberg, 1999. "Unlocking My Creativity": Teacher Learning in Arts Integration Professional Development." Journal for Learning through the Arts 10.1 (2014): n1.

Pala, Aynur. "The need for character education." International Journal of Social Sciences and Humanity Studies 3.2 (2011): 23-32.

Prayitno dan Belferik Manulang. (2010). Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Bangsa, Sumatera Utara: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Wizari, N. A. (2022). Peran Seni Sebagai Pembentuk Karakter. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.34