Perancangan Animasi Edukasi Anak 2D Mengenai Adab Muslim Dalam Bersosialisasi di Kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.31Keywords:
Adab Islam, Animasi 2D, PAUD, Islamic etiquette, 2D Animation, EaEarly Childhood EducationAbstract
Di dalam Islam budi pekerti atau yang biasa disebut dengan adab diatur oleh agama, etika atau adab sudah seharusnya diajarkan sejak kecil, namun pada kenyataannya di lapangan, implementasi budi pekerti ini sangatlah memprihatinkan yang ditimbulkan dari banyak nya faktor seperti kurangnya peran orang tua dan guru dalam membentuk etika dari usia dini. perkembangan teknologi informasi pun juga menimbulkan masalah baru dimana anak akan mudah mengakses media sosial dan melakukan etika buruk dengan sesama tanpa ada nya dampak yang signifikan untuk menjadi pembelajaran bagi pelaku. Metode penciptaan menggunakan metode Kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode pengamatan visual, kuesioner dan studi pustaka. setelah itu, akan dilakukan perancangan animasi singkat mengenai etika yang baik antar sesama muslim. Animasi dipilih dikarenakan dianggap lebih menarik anak-anak, selain itu dengan meringkas materi kedalam animasi diharapkan dapat membuat anak merasa terhibur dan juga mendapatkan pengetahuan dan teladan dari cerita yang disuguhkan.
References
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali. 1960. Al-Munqiz min al-Dhalal. Beirut: Maktabah al-Syaibah.
Abuddin Nata. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prendo Media Group.
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. 1989. Mizan al-‘Amal (ed.), Ahmad Shams al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Baqi, M. F. A. 2017. Shahih Bukhari Muslim. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Darajat, Zakiyah. 2004. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1988. Ensiklopedi Nasional Indonesia. PT. Delta Pamungkas.
Fadlillah, et al. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan Menyenangkan (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Kalia, A. K., Yadava, A., & Sharma, N. R. (Eds.). 2008. Psychology of Education. Global Vision Publishing House.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Pusat. Jakarta.
Zulkarnain. 2008. Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
ARTIKEL JURNAL
Disney, W. 1954. “Educational Values in Factual Nature Pictures”. Educational Horizons, 33(2), 82–84. http://www.jstor.org/stable/42922993
Huk, T., Steinke, M., & Floto, C. 2003. “Computer animations as learning objects: What is an efficient instructional design, and for whom”. Proceedings of IADIS
International Conference www/internet, 1187-1190.
Lowe, R. K. 2003. “Animation and learning: Selective processing of information in dynamic graphics”. Learning and Instruction, 13(2), 157–176. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(02)00018-X
Papageorgiou, K. A., Smith, T. J., Wu, R., Jhonson, M. H., Kirkham, N. Z., & Ronald, A. 2014. “Individual Differences in Infant Fixation Duration Relate to Attention and Behavioral Control in Childhood”. Psychological Science, 1371-1379. http://pss.sagepub.com/content/25/7/1371.10.1177/0956797614531295
Rahiem, M.D.H. “Storytelling in early childhood education: Time to go digital”. ICEP 15, 4 (2021). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Setiawan, E. 2017. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali”. Jurnal Kependidikan, 5(1), 43-54. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252
Utami, D. 2011. “Animasi Dalam Pembelajaran”. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44-52. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3212/2692
SUMBER VIDEO
Adi Hidayat Official. (22 Maret 2020). ‘Perbedaan Adab Dan Akhlak’ - Ustadz Adi Hidayat [Video]. YouTube. https://youtu.be/PcntEfe6R_k
INTERNET
Al-Munajjid, M. S. 2014. Bagaimana Cara Mendidik Anak-anak Kita - Soal Jawab Tentang Islam. Diakses 7 April 2022 dari https://islamqa.info/id/answers/215167/bagaimana-cara-mendidik-anak-anak-kita
Geddes, L. 2019. What's so fascinating about weird children's TV shows? BBC. Diakses 10 Juni 2022 dari https://www.bbc.com/future/article/20191206-why-children-find-weird-television-so-mesmerising
Jensen, E. 2007. WordGirl - TV. The New York Times. https://www.nytimes.com/2007/09/02/arts/television/02jens.html?pagewanted=print&_r=0
LPI AU-AUB. (2016, March 6). Riwayat Hidup As-Syeikh Umar Achmad Baradja. LPI AL-USTADZ ACHMAD UMAR BARADJA. Diakses 4 Juli 2022, dari http://www.mahadbaradja.com/2016/03/riwayat-hidup-as-syeikh-umar-achmad.html
Tuasikal, M. A. (2013, December 11). Pendidikan Agama Sejak Dini. Rumaysho.Com. Diakses 6 Juli 2022, dari https://rumaysho.com/4959-pendidikan-agama-sejak-dini.html
BERITA
Ashari, M. 2021. KPAI Rilis Data Perundungan Selama 2021, Tawuran Pelajar Paling Banyak - Pikiran-Rakyat.com. Pikiran Rakyat. Diakses 14 Juli 2022, dari https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-013345547/kpai-rilis-data-perundungan-selama-2021-tawuran-pelajar-paling-banyak
Finaka, A. W. 2020. Benarkah Netizen Indonesia Paling Tak Sopan se-Asia? | Indonesia Baik. Indonesiabaik. Diakses 4 Maret 2022, from https://indonesiabaik.id/infografis/benarkah-netizen-indonesia-paling-tak-sopan-se-asia
Kompas. 2010. 62,7 Persen Remaja SMP Tidak Perawan. Sains. Diakses 14 July 2022, dari https://sains.kompas.com/read/2010/06/13/08364170/~Megapolitan~News
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Farkhan Achmad Alauddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.