Terpaksa, Dipaksa, dan Dibiasakan dalam Proses Belajar-Mengajar di FSRD IKJ pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ehwan Kurniawan Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.3

Keywords:

percepatan, pandemi Covid-19, pembelajaran online, acceleration, pandemic Covid-19, online learning

Abstract

Kemampuan untuk menggali hikmah di balik kemalangan terdampak pandemi Covid-19 menjadi hal baik yang patut ditindaklanjuti. Terlebih bila pada setiap kesempatan, tantangan transfer ilmu pengetahuan dijadikan peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan lebih baik dan lebih cepat. Percepatan itu dimungkinkan karena adanya internet sebagai salah satu jaringan yang memudahkan komunikasi dan informasi. Jaringan internet pula yang memudahkan pendidik untuk memilih media pembelajaran dalam bentuk video dokumenter atau video tutorial supaya pembelajaran menjadi lebih menarik. Lebih lanjut, peserta didik dapat diarahkan untuk mengeksplorasi kata kunci dalam setiap materi pelajaran melalui powerpoint online yang tersedia di jagad maya dan menyeleksinya dengan benar.

References

Hendriyana, Husein. 2021. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Latif, Yudi. 2020. Pendidikan yang Berkebudayaan, Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nur’aini, Fajar, D.F. 2019. Panduan Lengkap Menyusun SOP dan KPI. Yogyakarta: Quadrant.

Yuswohady, Hasto Palupi Dyah, Pambudi, Teguh S, dan tim. 2021. The Rise Cool Agile Brands inventure Knowledge.

Buku Wisuda IKJ, Tahun Akademik 2018/2019, Teater Jakarta, ikj.ac.id.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Kurniawan, E. (2022). Terpaksa, Dipaksa, dan Dibiasakan dalam Proses Belajar-Mengajar di FSRD IKJ pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.3