Penciptaan Komik Berjudul Mengenal Ilustrasi IKJ

Authors

  • Rama Yapin Koresy Lay Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.22

Keywords:

ilustrasi IKJ, pengenalan jurusan, permintaa, pengenalan peminatan, IKJ

Abstract

Dalam masalah lingkungan saat ini yaitu adanya pandemi yang dialami di semua negara termasuk di Indonesia yang menghambat proses belajar mengajar juga mengenal lingkungan tempat belajar adalah pengalaman yang kurang menyenangkan terutama untuk mahasiswa yang ingin mengalami proses belajar di kampus atau mendapatkan pengalaman langsung di tempat terlepas dari keadaan lingkungan seperti calon mahasiswa/i juga perlu untuk mengenal kampus secara luas untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan dan proses belajar-mengajar dalam universitas. Dengan adanya penciptaan komik ini dapat memungkinkan untuk calon mahasiswa atau mahasiswa yang sudah berkuliah di Institut Kesenian Jakarta terkhusus mereka yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual peminatan Ilustrasi yang belum mengalami atau menghadapi mata kuliah tertentu untuk dapat mempersiapkan diri lebih baik dan lebih awal. Dengan menggunakan metode kualitatif yakni mengisi kuesioner, dan observasi lapangan, juga wawancara untuk mendapatkan data yang dibutuhkan topik yang diangkat.

References

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics (The Invisible Art). New York: Harper Perennial.

Moranz, John. 2008. Drawing and Illustration A Complete Guide. New York: Mineola.

Crossley, Kevin. 2014. Character Design from the Ground Up. East Sussex: ILEX.

Faigin, Gary. 1990. The Artist’s Complete Guide To Facial Expression. New York: Watson-Guptill Publications, Crown Publishing Group.

Reyna, R. D. 1972. How To Draw What You See. New York: Watson-Guptill Publication.

Fitch, Doug. 2011. Drawing from Drawing, Thinking Through Drawing Practice Into Knowledge. Drawing from Drawing, 22, 147-149.

McCloud, Scott. 2006. Making Comics: Storytelling Secrets of Comics, Manga and Graphic Novels. New York: Harper.

Holmes, M. T. 2014. The Urban Sketching: Technique for seeing and drawing on location. Ohio: F+W, A Content.

Haley, Sarah. 2018. Perspective Drawing. South McClintock Drive: Tempe Digital LLC

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Lay , R. Y. K. (2022). Penciptaan Komik Berjudul Mengenal Ilustrasi IKJ . Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.22