Komik Eksperimental ‘Swipe’ Sebagai Ekspresi Seni Dalam Ruang Konsep Seni Terapan

Authors

  • Saut Irianto Manik Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.21

Keywords:

komik, media baru, seni kontemporer, komunikasi visual

Abstract

Komik pada saat ini telah memiliki tempat atau di pandang dalam tatanan karya seni rupa (fine art), di mulai sejak komik Maus karya Art Spiegelman memenangkan penghargaan Pulitzer untuk Sastra pada tahun 1992. Komik pun bisa dirayakan sebagai karya sastra selain sebagai seni, terutama dalam bentuk format sebuah novel grafis dengan narasi yang panjang. Lewat penelitiannya ‘A Visual Turn: Comics and Art after the Graphic Novel’ penulis Amy Peltz menambahkan sejak gerakan seni Pop Art di Amerika, visual komik telah dieksploitasi dengan penuh kegembiraan oleh seniman lewat gaya visual yang khas; garis hitam, bidang blok warna, dan elemen naratif komik, yaitu urutan panel, juga balon teks. Seperti contoh karya yang diciptakan oleh dedengkot Pop Art, Roy Lichtenstein lewat karakter popular ‘Mickey Mouse’ 1961. Bahkan dalam perjalanannya, komik dan seni kontemporer memiliki beberapa karakteristik inti: Komikus dekat dengan konseptual seni karena mereka terlibat secara kritis dan analitis terhadap proses kerja, perangkat, dan bahan yang mereka gunakan dalam mencipta. Di sisi lain seniman kontemporer mengadaptasi elemen struktural dan fungsi naratif komik ke media dengan menggambar dan melukis. Komik eksperimental ‘Swipe’ adalah karya komik dengan konsep interaktif antara karya dan audiens. Narasi cerita diurutkan lewat panel ke panel visual yang selesai dibaca dalam 2 kali bukaan, dan diilustrasikan secara digital. Komik ini melibatkan perencanaan produksi terukur dari sebuah buku cetak. Bentuk buku komik standar dikembangkan dalam eksplorasi format anatomi buku yang memanjang (besar) dalam display yang melibatkan meja dan panduan membaca buku komik ini. Komik ‘Swipe’ mempresentasikan pemikiran aplikatif dan eksplorasi media baru terkait komik dalam posisi sebagai karya ekspresi (seni). Komik ‘Swipe’ adalah bagian dari karya yang dipamerkan pada pameran ‘Dunia Komik’ 2018 di Galeri Nasional Jakarta. Pameran ‘Dunia Komik’ sendiri digagas sebagai upaya memecah kebuntuan wacana seni rupa kontemporer Indonesia agar harus menoleh ke dunia komik, dan mengkaji standar-standar artistiknya untuk menemukan penyebab terjadinya artification (men-seni-kan) komik Indonesia.

References

Husband, Tony. 2014. Propaganda; Truth And Lies In Times Of Conflict. Penerbit Arcturus

Publishing Limited,. London.

McCloud, Scott. 1994. Understanding Comics; The Invisible Art. Penerbit HarperCollins,. New York.

Strinati, Dominic. 2007. Popular Culture; Pengantar Menuju Teori Budaya Populer,.

Penerbit Jejak,Yogyakarta.

Sunarto, Wagiono. 2019. Soekarno Dalam Kartun; Mitos Dan Kontra Mitos, Penerbit

IKJ Press,. Jakarta.

Sunarto, Priyanto. 2019. Metafora Visual; Kartun Editorial Pada Surat Kabar Jakarta

-1957,. Penerbit IKJ Press, Jakarta.

Safanayong, Yongky. 2004. Desain Komunikasi Visual. Penerbit Arte Intermedia,

Jakarta.

Zeegen, Lawrence. 2009. What Is Illustration; Essential Design Handbooks. Penerbit

RotoVision SA,. Swiss.

Jurnal

Peltz, Amy, 2013. Jurnal online: A Visual Turn: Comics and Art after the Graphic

Novel. https://artinprint.org/article/a-visual-turn-comics-and-art-after-the-graphic-novel/

Artikel

Admin, 2018. Artikel online: Press Release : Pameran Indonesia Art Award - Dunia

Komik: Bahasa Budaya Cerita Gambar. http://galeri-nasional.or.id/newss/678 pameran_indonesia_art_award__dunia_komik_bahasa_budaya_cerita_gambar.

Admin, 2017. Artikel online: Dunia Komik Indonesia Hadir di Galeri Nasional

http://kantorbahasabanten.kemdikbud.go.id/?p=897

Jiménez de Luis, Angel, 2020. Artikel online: A Brief History of Pop-Up Books.

https://www.domestika.org/en/blog/5236-a-brief-history-of-pop-up-books

Horowitz, Glenn, 2016. Artikel online: A Brief History of Pop-Up Books.

https://glennhorowitz.com/events/a-brief-history-of-popup-books/

Stainer, Hazel, 2017. Artikel online: Can a graphic novel ever achieve the status of a

work of art? https://hazelstainer.wordpress.com/2017/02/24/can-a-graphic-novel-ever-achieve-the-status-of-a-work-of-art

Levanier, Johnny, 2017. Artikel online: The amazing stylistic history of comic books.

https://99designs.com/blog/design-history-movements/history-of-comic-book-styles/

Komik Madeti, Kapo, 2021. Artikel online: Komik Swipe Saut; Kepo Komik Madeti

S2 Eps 31. https://www.youtube.com/watch?v=kgXk-Q0e2Rk&t=1172s

Irianto Manik, Saut, 2018. Komik Swipe @ Dunia Komik - Galeri Nasional Gambir

https://www.youtube.com/watch?v=-0JcitIVssI

Sumber Video

Irianto Manik, Saut, 2018.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Manik, S. I. (2022). Komik Eksperimental ‘Swipe’ Sebagai Ekspresi Seni Dalam Ruang Konsep Seni Terapan. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1. https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.21