Penciptaan Redesain Identitas Visual Kampoeng Wisata Cinangneng Kabupaten Bogor

Authors

  • Maria Imanuella Priambodo Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.11

Keywords:

budaya Sunda, Identitas Sosial, Kampoeng Wisata Cinangeng, Pariwisata, Agrowisata, Visual Identity, Chinese Tourism Kampoeng, Agrotourism, Sundanese Culture

Abstract

Kampoeng Wisata Cinangneng adalah sebuah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor yang berfokus pada wisata budaya Sunda dan agrowisata. Destinasi wisata ini memiliki konsep desa agar para pengunjung dapat merasakan suasana pedesaaan. Kampoeng Wisata Cinangneng juga melibatkan warga sekitarnya untuk membangun desa wisata dengan Usaha Kecil Menengah (UKM). Kampoeng Wisata Cinangneng sudah memiliki latar belakang yang kuat mengapa dibangunnya kampung wisata ini, namun dari identitas visual belum terlihat menggambarkan Kampoeng Wisata Cinangneng yang menggambarkan suasana desa dan budaya Sunda. Maka dari itu diperlukan perancangan ulang Identitas Visual Kampoeng Wisata Cinangneng untuk meningkatkan wisatawan yang datang dan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Perancangan ulang visual Kampoeng Wisata Cinangneng menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data dengan data pustaka. Perancangan identitas visual ini diharapkan dapat menghasilkan image baru dari Kampoeng Wisata Cinangneng dan dapat diaplikasikan untuk media promosi agar wisatawan dan masyarakat luas mengetahui kampung wisata yang berbasis wisata budaya dan argowisata di Kabupaten Bogor.

References

Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2015. Signage and Wayfnding Design. New Jersey Published simultaneously, Canada

SUMBER VIDEO

Kampoeng Wisata Cinangneng Profil (https://youtu.be/_Kf1d0N2g5k)

INTERNET

Tempo.Co. Presiden Joko Widodo Mendorong Desa Berkembang, Termasuk Jadi Desa Wisata ( tempo. Co) . https://travel.tempo.co/read/1390377/presiden joko-widodo-mendorong-desa-berkembang-termasuk-jadi-desa-wisata ( diakses Sabtu, 12 April 2021 Pukul 09:54 )

Portal Resmi Kabupaten Bogor. Letak Geografis : Gambaran umum Kabupaten Bogor. https://bogorkab.go.id/pages/letak-geografis ( diakses 11 April 2021 Pukul 21:23)

Kampung Wisata Cinangneng. About Kampung Wisata Cinangeng, Artikel Online: http://hbkampoengwisata.id/ ( diakses 9 April 2021)

Kemenparekraf. Informasi Dokumen Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Artikel Online:

https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-1-produk-hukum ( diakses April 2022 Pukul 01.05)

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Priambodo, M. I. (2022). Penciptaan Redesain Identitas Visual Kampoeng Wisata Cinangneng Kabupaten Bogor . Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.11