Perancangan Desain User Interface Aplikasi Marketplace Kostum dan Aksesori Cosplay

Authors

  • Ashila Zahra Fazanabila Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.17

Keywords:

aplikasi marketpace, cosplay, cosplayer, user interface

Abstract

Cosplay sebagai sebuah fenomena dari budaya populer Jepang, telah menjadi subkultur yang terbentuk dari melesatnya kepopuleran anime dan manga Jepang di pasar internasional. Cosplay atau costume play merupakan kegiatan mengimitasi suatu karakter, seperti tokoh film, anime, manga, ataupun video game, dengan menggunakan kostum, aksesori beserta rias wajah. Kegiatan cosplay menjadi tempat menemukan kepercayaan diri, hobi, ataupun lifestyle. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, Cosplay telah menyebar ke berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Seorang cosplayer, memperoleh kostumnya melalui transaksi jual beli maupun penyewaan. Akan tetapi, masih banyak cosplayer di Indonesia yang masih kesulitan dalam mencari kostum karena kurangnya informasi, dan media yang efektif sebagai perantara antara cosplayer dan pelaku usaha kostum cosplay. Berdasarkan fenomena tersebut, melalui metode observasi, wawancara dan studi literatur dilakukan, kemudian akan dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan informasi sebagai landasan teori, maka penulis melakukan perancangan desain user interface aplikasi marketplace kostum dan aksesori cosplay. Aplikasi marketplace dipilih sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Melalui perancangan aplikasi marketplace diharapkan dapat mempermudah cosplayer Indonesia dalam mencari, melakukan transaksi jual beli serta penyewaan kostum dan aksesori cosplay.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Fazanabila, A. Z. (2022). Perancangan Desain User Interface Aplikasi Marketplace Kostum dan Aksesori Cosplay. Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ), 1(1). https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.17