Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh dalam Perkuliahan Animasi
DOI:
https://doi.org/10.52969/semnasikj.v1i1.10Keywords:
animasi, kolaborasi, pembelajaran jarak jauhAbstract
Meski telah lama digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran di pendidikan tinggi, metode pembelajaran jarak jauh (pjj) bukanlah metode yang populer di dunia pendidikan tinggi seni dan desain Indonesia. Metode yang sebenarnya memberikan keleluasaan pada mahasiswa dan juga pengajar untuk melakukan proses belajar-mengajar secara berjarak, sebelum pandemi hanya digunakan sebagai metode pembelajaran pendukung di kalangan pendidikan tinggi seni dan desain. Walaupun telah ditunjang melalui teknologi informatika ada anggapan bahwa metode pembelajaran jarak jauh tidak dapat memberikan pengalaman langsung dalam proses belajar yang bersifat praktik langsung dan kolaboratif yang menjadi ciri utama dalam pendidikan seni dan desain. Dalam prosiding ini pengalaman serta hasil belajar dalam perkuliahan animasi menggunakan metode pembelajaran jarak jauh selama pandemi akan dibandingkan dengan metode pembelajaran langsung sebelum pandemi beserta faktor-faktor pendukung maupun penghambat yang berkontribusi pada keberhasilan maupun kegagalan pada penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di perkuliahan animasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yudi Amboro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.